Berpikir Komputasional
Kelas 7
1.
Apa yang dimaksud dengan algoritma dalam konteks
berpikir komputasional?
a. Sebuah
metode untuk menghitung hasil matematika secara manual
b. Sebuah
program komputer yang dapat menyelesaikan masalah secara otomatis
c. Langkah-langkah
terstruktur untuk menyelesaikan masalah atau
menjalankan fungsi tertentu dengan menggunakan komputer.
d. Sebuah perangkat
keras yang digunakan untuk menjalankan aplikasi komputasi
2.
Algoritma
yaitu...
a.
Pengenalan
Pola persoalan
b.
Menuliskan solusi melalui langkah-langkah terurut
c.
Penyelesaian
dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer
d.
Menyarikan
bagian penting dari suatu permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting
3.
Perhatikan langkah algoritma berikut.
Menurut pendapat Anda, apakah algoritma berikut
sudah sesuai urutannya? Bila belum, bagian manakah yang perlu
ditambahi/dikurangi informasinya?
Algoritma Membuat Nasi Goreng
1. Nyalakan
kompor gas
2. Letakan
wajan diatas kompor
3. Tuangkan
sedikit minyak goreng
4. Masukan
bumbu ke atas wajan
5. Beri
sedikit garam
6. Coba
rasakan pas atau tidak bumbunya
7. Jika kurang
garam tambahkan sedikit lagi
8. Nasi goreng
siap dinikmati
a. memasak air
b. menggoreng
telur
c. masukkan
telur
d. Memasukkan
nasi
4.
Ada
berapakah metode berpikir komputasional yang bisa digunakan
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
5. Yang
dimaksud dengan dekomposisi adalah...
a. Menyusun
data menjadi satu kesatuan
b. Menggabungkan
data menjadi satu kesatuan sehingga lebih sederhana
c. Mencari
bagian-bagian data sehingga lebih lengkap
d. Memecah
data, proses atau masalah menjadi bagian-bagian yang
lebih kecil yang terstruktur
6. Teknik memecah data, proses, atau
masalah yang kompleks/rumit menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi
tugas-tugas yang mudah dikelola disebut.
a.
Dekomposisi
b.
Komposisi
c.
Abstraksi
d.
Logaritma
7. Nina akan
memasak bubur ayam, pada tahap awal bubur ayam, Nina menyiapkan langkah-langkah
untuk memecahkan masalah dengan menyiapkan ½ kg beras, air, kaldu ayam
secukupnya, dan ¼ daging ayam tempat nasi hingga pemasak nasi atau rice cooker.
Maka konsep yang digunakan Nina adalah ..
a. Dekomposisi
b. Pengenalan
pola
c. Abstraksi
d. Algoritma
8.
Fadli
membuat gelang dari manik-manik berbentuk bulat. Urutan warna manik-manik di
gelang tersebut adalah merah (M), hijau (H), kuning (K), dan biru (B). Selama 4
warna manik-manik itu masih tersedia, Fadli tidak akan mengubah urutan
warnanya. Setelah memasukkan manik-manik biru, Fadli akan kembali memasukkan
manik-manik berwarna merah.
Jika
salah satu warna manik-manik habis, Fadli akan berlanjut membuat gelang dengan
manik-manik tersisa. Manik-manik yang bersebelahan tidak boleh berwarna sama.
Saat membuat gelang, Fadli memiliki : 5 buah manik-manik merah (M); 3 buah
manik-manik hijau (H); 7 buah manik-manik kuning (K); dan 2 buah manik-manik
biru (B).
Berdasarkan
ketersediaan manik-manik dan aturan urutan warnanya, berapa manik-manik yang
bisa dirangkai oleh Fadli ?
a.
7
b.
17
c.
15
d.
5
9. Dini akan
membuat gelang berbentuk bulat dengan manik-manik warna-warni, Urutan gelang
yang akan dirangkai adalah Biru (B), Kuning (K), Hijau (H), Merah (M). Akan
dirangkai berulang, jika salah satu manik-manik habis membuat gelang akan
diteruskan dengan memasukkan manik-manik yang tersisa, manik-manik yang
bersebelahan tidak boleh berwarna sama. Manik-manik yang dipunyai Dini adalah;
8 buah manik-manik biru (B), 12 buah manik-manik kuning (K), 5 buah manik-manik
hijau (H), dan 10 buah manik-manik merah (M).
Berdasarkan soal diatas, Berapa sisa manik-manik
yang tidak dapat dirangkai? Warna apa?
a. 2
warna kuning
b. 2 warna
merah
c. 1 warna
kuning
d. 1 warna
merah
10. Dalam kehidupan sehari-hari , kalian
pasti pernah mengetahui data yang disusun dalam sebuah daftar. Contoh daftar
belanja ibu ketika akan kepasar, daftar nama siswa dikelas. Daftar tersebut ada
yang memiliki keterurutan dan ada yang tidak. Daftar nama siswa kelas mungkin
terurut berdasarkan alfabeth. Daftar belanja ibu mungkin tidak memiliki
keterurutan tertentu sehingga tidak menjadi masalah kalau ibu membeli tomat
terlebih dahulu sebelum membeli wortel, atau ibu membeli keduanya bersamaan,
atau ibu membeli wortel terlebih dahulu sebelum membeli tomat. Kegiatan diatas
biasa disebut dengan….
a.
Algoritma
b.
Optimasi
Penjadwalan
c.
Representasi
Data
d.
Struktur Data
11. Kata yang terdapat pada kartu adalah...
a. Opsimati
b. Aplikasi
c. Optimasi
d. Apsik
12. Kata yang terdapat pada kartu adalah...
a. Setruktur
b. Aplikasi
c. Optimasi
d. Struktur
13. Kemampuan untuk melihat persamaan atau
bahkan perbedaan pola, tren, dan keteraturan dalam sebuah data yang nantinya
akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data disebut dengan
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan Pola
c.
Abstraksi
d.
Logaritma
14. Seorang siswi SMP mendapat banyak PR
dari guru-gurunya, disaat hendak mengerjakan dia membagi PRnya menjadi beberapa
kelompok, dari yang mudah dikerjakan, dan waktu pengumpulannya paling dekat.
Contoh
kasus diatas merupakan penerapan dari metode berpikir komputasional
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan
Pola
c.
Abstraksi
d.
Logaritma
15. Berapa banyak tempat parkir yang tidak pernah terisi mobil pada hari Senin maupun hari Selasa?
a.
3
b.
4
c.
5
d.
6
16. Urutkan
algoritma memasak mie rebus dari awal hingga terakhir !
1. Sementara mie direbus, siapkan bumbu ke dalam piring
2. Masukkan mie kedalam air mendidih dan aduk selama 3 menit
3. Tiriskan mie dan campurkan mi kedalam bumbu di piring
4. Panaskan 400cc air selama 5 menit (hingga mendidih)
5. Aduk mi agar bumbu tersebar merata
a. 1,2,3,4,5
b. 5,2,1,3,4
c. 4,
2, 1, 3, 5
d. 5,4,3,2,1
17. Pengertian
konsep berpikir komputasional berikut yang tepat adalah
a. Pemahaman
tentang bagaimana komputer bekerja dan bagaimana menggunakannya
b. Pemahaman
tentang bagaimana menggunakan software dan hardware
c. Konsep
berpikir dengan tujuan memadukan otak manusia dengan sistem komputer
d. Kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis dalam
menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer
18 . Koko
memiliki kayu dengan panjang 10 cm seperti pada gambar. Jika Kiko membutuhkan
potongan kayu dengan ukuran 3 cm sebanyak 5 , berapa batang kayukah yang harus
diberikan Koko pada Kiko?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
19.
Maudy memiliki 7 buah manik-manik
merah, 5 buah manik-manik hijau, 8 buah manik-manik kuning, 6 buah manik-manik
biru. Urutan warna manik-manik pada gelang tersebut adalah merah (M), hijau
(H), kuning (K), dan biru (B). Selama empat warna manik-manik tersebut masih
tersedia, Maudy tidak akan mengubah urutan warnanya. Berapakah manik-manik yang
dapat dirangkai oleh Maudy?
20. Berapakah waktu singkat yang
diperlukan oleh Bobo untuk mengisi penuh ketiga ember tersebut?
21. Adi dan
Ida membuat kerajinan tangan dari batang kayu kecil. Adi mempunyai 20 batang
kayu dengan panjang masing-masing 10 cm. Sementara itu, Ida memerlukan batang
kayu tambahan berukuran 4 cm dan 3 cm yang masing-masing sebanyak 7 buah. Adi
lantas ingin memberikan kayu miliknya kepada Ida. Berapa minimal jumlah batang
kayu yang diberikan oleh Adi kepada Ida ?
22.
Pada suatu pagi yang cerah tiga sekawan, seekor kelinci, seekor kodok, dan seekor kangguru, bertanding dalam suatu lomba melompat (hopping race). Lintasannya merupakan keliling suatu lingkaran dengan 15 posisi langkah. Posisi langkah itu dinomori dari 0 sampai dengan 14. Setiap kali siapapun yang mencapai atau melalui posisi 14, posisi berikutnya adalah posisi 0 Berang-berang yang kini menjadi wasitnya, akan meniupkan peluit setiap detik selama perlombaan. Pada setiap peniupan peluit, kelinci dapat melompat tepat 3 posisi berikutnya; kodok melompat tepat 2 posisi berikutnya, dan kangguru melompat tepat 5 posisi berikutnya. Di awal lomba semua pemain memulai pada posisi 0. Pertanyaan Setelah empat kali peniupan peluit, berapa banyak posisi yang telah dilompatinya masing-masing? Tuliskan nomor posisi terakhir, berturut-turut posisi kelinci, posisi kodok dan posisi kangguru (pisahkan dengan hanya sebuah tanda koma, misalnya 3,2,5 ) adalah....
Komentar
Posting Komentar