Berpikir Komputasional

 Kelas 7

 Soal Pilihan Ganda

 

1.         Apa yang dimaksud dengan algoritma dalam konteks berpikir komputasional?

a.       Sebuah metode untuk menghitung hasil matematika secara manual

b.      Sebuah program komputer yang dapat menyelesaikan masalah secara otomatis

c.       Langkah-langkah terstruktur untuk menyelesaikan masalah atau menjalankan fungsi tertentu dengan menggunakan komputer.

d.      Sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan aplikasi komputasi

 

2.         Algoritma yaitu...

a.         Pengenalan Pola persoalan

b.         Menuliskan solusi melalui langkah-langkah terurut

c.          Penyelesaian dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer

d.        Menyarikan bagian penting dari suatu permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting

 

3.         Perhatikan langkah algoritma berikut.

Menurut pendapat Anda, apakah algoritma berikut sudah sesuai urutannya? Bila belum, bagian manakah yang perlu ditambahi/dikurangi informasinya?

Algoritma Membuat Nasi Goreng

1.       Nyalakan kompor gas

2.       Letakan wajan diatas kompor

3.       Tuangkan sedikit minyak goreng

4.       Masukan bumbu ke atas wajan

5.       Beri sedikit garam

6.       Coba rasakan pas atau tidak bumbunya

7.       Jika kurang garam tambahkan sedikit lagi

8.       Nasi goreng siap dinikmati

a.       memasak air

b.      menggoreng telur

c.       masukkan telur

d.      Memasukkan nasi

 

4.         Ada berapakah metode berpikir komputasional yang bisa digunakan

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

 

5. Yang dimaksud dengan dekomposisi adalah...

a.       Menyusun data menjadi satu kesatuan

b.      Menggabungkan data menjadi satu kesatuan sehingga lebih sederhana

c.       Mencari bagian-bagian data sehingga lebih lengkap

d.      Memecah data, proses atau masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang terstruktur

 

6. Teknik memecah data, proses, atau masalah yang kompleks/rumit menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugas-tugas yang mudah dikelola disebut.

a.       Dekomposisi

b.      Komposisi

c.       Abstraksi

d.      Logaritma

7.    Nina akan memasak bubur ayam, pada tahap awal bubur ayam, Nina menyiapkan langkah-langkah untuk memecahkan masalah dengan menyiapkan ½ kg beras, air, kaldu ayam secukupnya, dan ¼ daging ayam tempat nasi hingga pemasak nasi atau rice cooker. Maka konsep yang digunakan Nina adalah ..

a.       Dekomposisi

b.      Pengenalan pola

c.       Abstraksi

d.      Algoritma

 

8.    Fadli membuat gelang dari manik-manik berbentuk bulat. Urutan warna manik-manik di gelang tersebut adalah merah (M), hijau (H), kuning (K), dan biru (B). Selama 4 warna manik-manik itu masih tersedia, Fadli tidak akan mengubah urutan warnanya. Setelah memasukkan manik-manik biru, Fadli akan kembali memasukkan manik-manik berwarna merah.

Jika salah satu warna manik-manik habis, Fadli akan berlanjut membuat gelang dengan manik-manik tersisa. Manik-manik yang bersebelahan tidak boleh berwarna sama. Saat membuat gelang, Fadli memiliki : 5 buah manik-manik merah (M); 3 buah manik-manik hijau (H); 7 buah manik-manik kuning (K); dan 2 buah manik-manik biru (B).

Berdasarkan ketersediaan manik-manik dan aturan urutan warnanya, berapa manik-manik yang bisa dirangkai oleh Fadli ?

a.       7

b.      17

c.       15

d.      5

 

9.    Dini akan membuat gelang berbentuk bulat dengan manik-manik warna-warni, Urutan gelang yang akan dirangkai adalah Biru (B), Kuning (K), Hijau (H), Merah (M). Akan dirangkai berulang, jika salah satu manik-manik habis membuat gelang akan diteruskan dengan memasukkan manik-manik yang tersisa, manik-manik yang bersebelahan tidak boleh berwarna sama. Manik-manik yang dipunyai Dini adalah; 8 buah manik-manik biru (B), 12 buah manik-manik kuning (K), 5 buah manik-manik hijau (H), dan 10 buah manik-manik merah (M).

Berdasarkan soal diatas, Berapa sisa manik-manik yang tidak dapat dirangkai? Warna apa?

a.       2 warna kuning

b.      2 warna merah

c.       1 warna kuning

d.      1 warna merah

 

10. Dalam kehidupan sehari-hari , kalian pasti pernah mengetahui data yang disusun dalam sebuah daftar. Contoh daftar belanja ibu ketika akan kepasar, daftar nama siswa dikelas. Daftar tersebut ada yang memiliki keterurutan dan ada yang tidak. Daftar nama siswa kelas mungkin terurut berdasarkan alfabeth. Daftar belanja ibu mungkin tidak memiliki keterurutan tertentu sehingga tidak menjadi masalah kalau ibu membeli tomat terlebih dahulu sebelum membeli wortel, atau ibu membeli keduanya bersamaan, atau ibu membeli wortel terlebih dahulu sebelum membeli tomat. Kegiatan diatas biasa disebut dengan….

a.       Algoritma

b.      Optimasi Penjadwalan

c.       Representasi Data

d.      Struktur Data

 

11.  Kata yang terdapat pada kartu adalah...

a.       Opsimati

b.      Aplikasi

c.       Optimasi

d.      Apsik

 

12. Kata yang terdapat pada kartu adalah...

a.       Setruktur

b.      Aplikasi

c.       Optimasi

d.      Struktur

 

13. Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren, dan keteraturan dalam sebuah data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data disebut dengan

a.       Dekomposisi

b.      Pengenalan Pola

c.       Abstraksi

d.      Logaritma

14. Seorang siswi SMP mendapat banyak PR dari guru-gurunya, disaat hendak mengerjakan dia membagi PRnya menjadi beberapa kelompok, dari yang mudah dikerjakan, dan waktu pengumpulannya paling dekat.

Contoh kasus diatas merupakan penerapan dari metode berpikir komputasional

a.       Dekomposisi

b.      Pengenalan Pola

c.       Abstraksi

d.      Logaritma

 

15.  Berapa banyak tempat parkir yang tidak pernah terisi mobil pada hari Senin maupun hari Selasa?

a.       3

b.      4

c.       5

d.      6

 

16. Urutkan algoritma memasak mie rebus dari awal hingga terakhir !

1. Sementara mie direbus, siapkan bumbu ke dalam piring

2. Masukkan mie kedalam air mendidih dan aduk selama 3 menit

3. Tiriskan mie dan campurkan mi kedalam bumbu di piring

4. Panaskan 400cc air selama 5 menit (hingga mendidih)

5. Aduk mi agar bumbu tersebar merata

a.       1,2,3,4,5

b.      5,2,1,3,4

c.       4, 2, 1, 3, 5

d.      5,4,3,2,1

 

17.     Pengertian konsep berpikir komputasional berikut yang tepat adalah

a.       Pemahaman tentang bagaimana komputer bekerja dan bagaimana menggunakannya

b.      Pemahaman tentang bagaimana menggunakan software dan hardware

c.       Konsep berpikir dengan tujuan memadukan otak manusia dengan sistem komputer

d.      Kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer

 

 

18 .      Koko memiliki kayu dengan panjang 10 cm seperti pada gambar. Jika Kiko membutuhkan potongan kayu dengan ukuran 3 cm sebanyak 5 , berapa batang kayukah yang harus diberikan Koko pada Kiko?

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4


19.   Maudy memiliki 7 buah manik-manik merah, 5 buah manik-manik hijau, 8 buah manik-manik kuning, 6 buah manik-manik biru. Urutan warna manik-manik pada gelang tersebut adalah merah (M), hijau (H), kuning (K), dan biru (B). Selama empat warna manik-manik tersebut masih tersedia, Maudy tidak akan mengubah urutan warnanya. Berapakah manik-manik yang dapat dirangkai oleh Maudy?

20.   Berapakah waktu singkat yang diperlukan oleh Bobo untuk mengisi penuh ketiga ember tersebut?


21. Adi dan Ida membuat kerajinan tangan dari batang kayu kecil. Adi mempunyai 20 batang kayu dengan panjang masing-masing 10 cm. Sementara itu, Ida memerlukan batang kayu tambahan berukuran 4 cm dan 3 cm yang masing-masing sebanyak 7 buah. Adi lantas ingin memberikan kayu miliknya kepada Ida. Berapa minimal jumlah batang kayu yang diberikan oleh Adi kepada Ida ?

22. 


Pada suatu pagi yang cerah tiga sekawan, seekor kelinci, seekor kodok, dan seekor kangguru, bertanding dalam suatu lomba melompat (hopping race). Lintasannya merupakan keliling suatu lingkaran dengan 15 posisi langkah. Posisi langkah itu dinomori dari 0 sampai dengan 14. Setiap kali siapapun yang mencapai atau melalui posisi 14, posisi berikutnya adalah posisi 0 Berang-berang yang kini menjadi wasitnya, akan meniupkan peluit setiap detik selama perlombaan. Pada setiap peniupan peluit, kelinci dapat melompat tepat 3 posisi berikutnya; kodok melompat tepat 2 posisi berikutnya, dan kangguru melompat tepat 5 posisi berikutnya. Di awal lomba semua pemain memulai pada posisi 0. Pertanyaan Setelah empat kali peniupan peluit, berapa banyak posisi yang telah dilompatinya masing-masing? Tuliskan nomor posisi terakhir, berturut-turut posisi kelinci, posisi kodok dan posisi kangguru (pisahkan dengan hanya sebuah tanda koma, misalnya 3,2,5 ) adalah....

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Flowchart dan Pseudocode

Fungsi Statsitik dan Fungsi text

Hardware kelas 7