Latihan soal Berpikir komputasi
Cara Berpikir Komputasional
Pilihlah jawaban yang paling tepat
1. Suatu metode atau konsep yang berfungsi untuk menemukan
solusi dari suatu permasalahan yang kompleks dan besar menjadi masalah yang
lebih kecil adalah pengertian dari ….
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan pola
c.
Abstraksi
d.
Algoritma
2. Suatu metode yang memanfaatkan komputer yang digunakan
untuk menemukan sebuah keteraturan yang ada di dalam data dan untuk mendapatkan
informasi yang lebih penting agar bisa memahami tentang keteraturan yang sudah
ditemukan, adalah pengertian dari ….
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan pola
c.
Abstraksi
d.
Algoritma
3. Suatu metode berpikir
komputasional yang mengutamakan terhadap hal-hal yang berhubungan langsung
dengan masalah yang sedang dihadapi , adalah pengertian dari ….
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan pola
c.
Abstraksi
d.
Algoritma
4. Suatu pola pikir yang biasa digunakan untuk merencanakan
langkah-langkah yang bersifat sistematis untuk memecahkan masalah yang sedang
terjadi, , adalah pengertian dari ….
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan pola
c.
Abstraksi
d.
Algoritma
5.
Manfaat Berpikir Komputasional,
kecuali…..
a. Memudahkan kita untuk memecahkan masalah yang besar dan kompleks dengan
cara yang efektif dan efisien. Selain itu, masalah yang kompleks bisa
diselesaikan dengan baik, sehingga menjadi masalah sederhana.
b. Melatih otak agar terbiasa untuk mulai berpikir secara matematis,
kreatif, terstruktur, dan logis.
c. Memudahkan seseorang mengamati masalah dan menemukan solusi dari
permasalahan tersebut. Semakin banyak solusi yang dimiliki, maka suatu masalah
dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien.
d. Membuat seseorang menjadi ketakutan dan merasa
merendah diri , sehingga mudah dipengaruhi oleh orang lain dan menjadikan teman
sebagai musuh.
6. Di bawah ini pengertian Informatika yang
paling tepat adalah ....
A.
Informatika merupakan bidang ilmu yang berkaitan dengan pemanfaatan komputer
dalam kehidupan sehari- hari
B. Informatika merupakan bidang ilmu mengenai
studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsipprinsip yang
menjadi dasar perancangan tersebut
C. Informatika merupakan bidang ilmu yang
mempelajari seluk beluk komputer baik hardware maupun software
D. semua pernyataan benar
7. Komputasi merupakan ilmu yang berkaitan
dengan ....
A. pemodelan matematika
B. pemanfaatan komputer dalam masalah-
masalah sains
C. penghitungan menggunakan komputer
D. pemodelan matematika dan pemanfaatan
komputer dalam memecahkan masalah sains
8. Computational thinking merupakan landasan
berfikir untuk belajar informatika. Berpikir komputational sebagai suatu kerangka
dan proses berpikir mencakup beberapa hal- hal berikut ini, kecuali ....
A. perangkat keras
B. perangkat lunak
C. fungsi perangkat lunak dan keras
D. menalar mengenai sistem dan persoalan
9. Alasan yang mendukung bahwa informatika
telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang tersendiri adalah ....
A.
informatika membawa seseorang ke dalam suatu cara berfikir yang unik dan
berbeda dari bidang ilmu lainnya
B. ide - ide dan konsep informatika sudah
berusia lebih dari 20 tahun dan terpakai sampai sekarang C. setiap prinsip inti
diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu
D. semua pernyataan benar
10. Belajar informatika tidak harus memanfaatkan
komputer. Hal ini dikarenakan tujuan penting dari belajar informatika adalah
....
A. memahami cara kerja komputer dan sistem
digital berbasis computer
B.
menyelesaikan masalah- masalah menggunakan coding- coding tertentu
C. mengetahui sistem yang bekerja dalam
sebuah terapan alat
D. melaksanakan kegiatan yang tepat guna
berkaitan dengan teknologi
11. Proses memahami cara kerja komputer dan
sistem digital berbasis komputer dapat dilakukan dengan ....
A. permainan
B. simulasi
C. permainan dan simulasi
D. permainan, simulasi, dan kegiatan tanpa
komputer
12. Batu-batu manakah yang harus ditukar agar
seluruh batu menghilang pada situasi permainan berikut ini?
Pilih salah satu:
A. Batu-batu bertanda 2
B. Batu-batu bertanda 3
C. Batu-batu bertanda 1
D. Batu-batu bertanda 4
13
. silahkan di cermati
1.
Mulai
2.
Menulis surat
3.
Surat dimasukan amplop
4.
Menutup amplop
5.
Menempel perangko
6.
Mengantar ke kantor pos
7.
Selesai
Urutan
algoritma yang benar adalah...
A.
1-2-7-5-4-3-6
B.
1-2-3-4-5-6-7
C.
2-3-1-4-5-7-6
D.
3-4-6-5-2-3-1
14. Sebuah toko sepatu menyediakan sepatu dengan spesifikasi berikut:
• Sepatu bot hitam = Rp85.000
• Sepatu bot kuning =
Rp96.000
• Sepatu bot biru:
Rp130.000
• Sepatu high heels hijau=
Rp124.000
• Sepatu high heels
hitam=Rp80.000
• Sepatu bot
hitam=Rp140.000
Dina ingin membeli sepatu
bot warna hitam, lalu ibu menyarankan untuk memilih sepatu yang harganya paling
murah. Manakah sepatu yang akan dipilih oleh Dina?
A. Sepatu high heels hijau=
Rp124.000
B. Sepatu high heels
hitam=Rp80.000
C. Sepatu bot hitam = Rp85.000
D. Sepatu bot kuning =
Rp96.000
15. Representasi data pada informatika
menggunakan bilangan biner. Jika setiap hari ada 2 kemungkinan yaitu hujan dan
tidak hujan. Maka apabila hujan dinyatakan dalam bilangan biner menjadi
angka...
A. -1
B. 1
C. 0
D. 2
16. Xixi mengirimkan sebuah kata rahasia
kepada Ben. Xixi memberi tahu petunjuk berikut ini kepada Ben.
Keterangan :
1. Bagian atas dari setiap kartu ditandai
dengan persegi panjang berwarna hitam. 2. Pada setiap kartu, terdapat dua buah
huruf. Huruf yang berada pada bagian bawah adalah huruf yang harus ditulis
sebelum huruf yang berada pada bagian atas. 3. Terdapat satu buah kartu yang
hanya terdiri atas satu buah huruf. Berdasarkan kartu-kartu dan petunjuk yang
dikirim oleh Xixi, kata apakah yang dikirimkan oleh Xixi kepada Ben?
A.
ALGORITMA
B. AMGORITLA
C. AMTIROGLA
D. AMALGORITM
17. Penggunaan computatitonal thinking dapat
melatih siswa berpikir secara ….
a.
logis dan terstruktur
b.
complicated
c.
berdaya guna
d.
berwawasan luas
18. Manusia merupakan makhluk yang mampu
berpikir dan bernalar dengan baik. Oleh karena itu dalam setiap keadaan manusia
membutuhkan pola pikir logis. Berpikir secara logis berarti…
a. Berpikir
dengan cara yang benar dan masuk akal
b. Berpikir
menurut hati nurani
c. Berpikir
dengan cerdas
d. Berpikir
dengan emosional
19. Proses berfikir secara Terarah berarti
....
a. Memecahkan
permasalahan dengan menyediakan beberapa solusi alternatif
b. Memecahkan
permasalahan dengan mengarah /fokus pada satu permasalahan
c. Memecahkan
permasalahan menggunakan ilmu komputer
d. Memecahkan
permasalahan dengan memberikan masalah tersebut pada orang lain
20. Maudy memiliki 7 buah manik-manik merah, 5 buah
manik-manik hijau, 8 buah manik-manik kuning, 6 buah manik-manik biru. Urutan
warna manik-manik pada gelang tersebut adalah merah (M), hijau (H), kuning (K),
dan biru (B). Selama empat warna manik-manik tersebut masih tersedia, Maudy
tidak akan mengubah urutan warnanya. Berapakah manik-manik yang dapat dirangkai
oleh Maudy?
A. 24
B. 25
C. 26
D. 27
Komentar
Posting Komentar